Kuntul Kerbau

Bubulcus ibis Image by Arif Rudiyanto

KLASIFIKASI ILMIAH

Phylum : Chordata

Class : Aves

Order : Ciconiiformes

Family : Ardeidae

Genus : Bubulcus

Species : Bubulcus ibis  (Linnaeus,1758)

English name: Cattle Egret

Local name :  Kuntul kerbau

Conservation status : Least cornsern

DESKRIPSI

Kuntul Kerbau (Bubulcus ibis) merupakan burung terkecil dari bangsa Kuntul-kuntulan (sekitar 50 cm). Burung ini suka mencari makanan di daerah area persawahan yang baru dibajak atau ditanami. Bentuk tubuhnya lebih ramping daripada Blekok sawah (Ardeola speciosa), meskipun tidak seramping kuntul-kuntul yang lebih besar. Seluruh bulunya berwarna putih, tetapi selama musim kawin, bulu-bulu pada kepala, leher, dan punggung berwarna kuning kerbau.

Catatanku

Pemotretan dilakukan didaerah Kentingan. Sekilas tentang Burung  Kuntul Kerbau. Burung ini  termasuk dalam  famili Ardeidae. Ukurannya  tubuhnya lebih ramping dan sedikit lebih kecil daripada Bangau.  Berkaki dan berleher panjang.  Tidak sulit mencari lokasinya. Dari pusat kota stasiun Tugu kita bisa naik trans Jogja. Lalu turun terminal Jombor , bisa menggunakan jasa ojek ke desa wisata. Bila naik kendaraan pribadi bisa langsung dari terminal Jombor ke arah barat menuju pasar Cebongan lalu menuju ke arah Mapolsek Mlati, nah di situ sudah  terlihat papan nama desa wisata dan ada petunjuk arahnya.  Apa yang menarik di sana? Sejak tahun 1997 menjadi tempat tinggal  burung Kuntul putih yang jumlahnya ribuan. Burung – burung itu tinggal di atas pepohonan.  Hidup bersama dengan warga desa. Tak satupun warga yang mengusik kehidupan koloni burung Kuntul putih itu.

Koleksi Foto

This slideshow requires JavaScript.

Pesona Desa Wisata Fauna Burung Kuntul Putih Di Ketingan Yogyakarta

HL | 27 December 2011 | 11:41 Dibaca: 541   Komentar: 46   2 dari 3 Kompasianer menilai aktual

1324956706584599954

Berwisata di Yogjakarta menjelang pergantian tahun 2011 seperti sekarang ini sangat ramai. Terutama  tempat wisata di sekitar Malioboro, Keraton, Candi Prambanan, pantai Parang Tritis,  Kasongan maupun ke pusat kerajinan perak Kota Gede. Bila waktu masih memungkinkan tak ada salahnya menyusun agenda untuk sekaligus berkunjung  ke desa  wisata fauna Burung Kuntul  putih di Ketingan Yogyakarta.  Kita bisa sambil menikmati panorama alam desa sepanjang perjalanan. orang angon ( memelihara ) bebek di sawah dan sekaligus melihat langsung habitat burung Kuntul putih yang berjumlah ribuan di desa Ketingan. Wisata fauna ini  menjadi salah satu pilihan  alam yang berbeda  dan mengasyikkan.

132495353440009295913249536261581186996

Sekilas tentang Burung  Kuntul putih. Burung ini  termasuk dalam  famili Ardeidae. Saya ingin tahu genusnya apa, tapi sayang kantor sekretariat desa pagi – pagi  tadi belum buka. Burung Kuntul Putih ini berbeda dengan Bangau ( Ciconiidae ). Ukurannya  tubuhnya lebih ramping dan sedikit lebih kecil daripada Bangau.  Berkaki dan berleher panjang.  Keistimewaan Burung Kuntul putih saat terbang  lehernya membentuk huruf S. Burung Kuntul ini termasuk dalam satwa unggas yang dilindungi. Untuk klasifikasinya agak  sulit karena ada dua genus Ardea dan Egretta. Pada tahun 2005 Dr Louis Lefebvre seorang ilmuwan di Kanada mengatakan bahwa burung Kuntul ini termasuk burung yang cerdas IQ nya dilihat dari cara makannya ( sumber wikipedia Indonesia ).

13249546271672958110

Tidak sulit mencari lokasinya. Dari pusat kota stasiun Tugu kita bisa naik trans Jokja ( Bus way ). Lalu turun terminal Jombor , bisa menggunakan jasa ojek ke desa wisata. Bila naik kendaraan pribadi bisa langsung dari terminal Jombor ke arah barat menuju pasar Cebongan lalu menuju ke arah Mapolsek Mlati, nah di situ sudah  terlihat papan nama desa wisata dan ada petunjuk arahnya.